Rabu, 12 Maret 2014

Cyber Crime Dan Faktor Penyebab Timbulnya Cyber Crime

Apa itu Cyber Crime ? Cyber Crime (Kejahatan dunia maya) adalah istilah yang mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer menjadi alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan. Termasuk ke dalam kejahatan dunia maya antara lain adalah penipuan lelang secara online, pemalsuan cek, penipuan kartu kredit/carding, confidence fraud, penipuan identitas, pornografi anak, dll.
Walaupun kejahatan dunia maya atau cybercrime umumnya mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer sebagai unsur utamanya, istilah ini juga digunakan untuk kegiatan kejahatan tradisional di mana komputer atau jaringan komputer digunakan untuk mempermudah atau memungkinkan kejahatan itu terjadi.

Latar Belakang terjadinya kejahatan di dunia maya di bagi menjadi dua faktor penting, yaitu :

1. Faktor Teknis
Dengan manfaat yang diberikan oleh teknologi internet,  masyarakat pada umumnya dapat dengan mudah untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat lain walaupun dipisahkan oleh jarak yang sangat  jauh. Internet didesain sedemikian rupa untuk memudahkan dalam mengakses seluruh informasi dari belahan bumimanapun. Tetapi dengan saling terhubungnya antara jaringan yang satu dengan yang lain memudahkan para pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya. Kemudian, tidak meratanya penyebaran teknologi pun menjadikan pihak yang satu lebih kuat daripada yang lain.

2. Faktor Sosial Ekonomi
Cybercrime dapat dipandang sebagai produk ekonomi. Isu global yang kemudian dihubungkan dengan kejahatan tersebut adalah keamanan jaringan. Keamanan jaringan merupakan isu global yang muncul bersamaan dengan internet. Sebagai komoditi ekonomi, banyak negara yang tentunya sangat membutuhkan perangkat keamanan sebuah jaringan internet. Melihat kenyataan seperti itu, Cybercrime berada dalam skenerio besar dari kegiatan ekonomi dunia.

Sumber :
http://twelve6g.blogspot.com/2013/05/faktor-penyebab-timbulnya-cybercrime.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Kejahatan_dunia_maya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar